Henry Dunant adalah pendiri Palang Merah

Posted by Djefi Febian on Saturday, October 27, 2018

Baca Sinopsis Mereka yang berjasa bagi dunia: Henry Dunant - Pendiri Palang Merah belas kasihnya menyelamatkan jutaan jiwa.

Henry Dunant adalah pendiri Palang Merah. Seorang warga negara Swiss yang tidak terkenal yang menjalankan bisnis kecil-kecilan. Ia secara tak sengaja menemukan dirinya berada pada salah satu kancah pertempuran berdarah abad yang lalu di Solferino, Italia.

Ribuan prajurit yang terluka menanti kematiannya, terabaikan, dan tersiksa karena dahaga, lalat, belatung, dan penyakit. Penguasa militer tampaknya tak mengacuhkan akan apa yang terjadi setelah perang.

Dunant meninggalkan bisnisnya, mulai merawat orang-orang yang sekarat, dan mengorganisasi beberapa sukarelawan lokal membawa kain untuk pembalut dan air bersih. Ia tidak mengerti mengapa sebelum perang tidak ada yang merencanakan untuk menangani luka, dan ia yakin bahwa jika di kancah peperangan ada sebuah badan permanen sukarelawan terlatih, ribuan nyawa akan terselamatkan.

Ia menulis sebuah buku: "Un souvenir de Solferino" (Kenangan Solverino), dan menulisnya dari dasar lubuk hatinya. Ia tak mengecualikan apa pun bagi pembacanya dalam menggambarkan kengerian perang, dan tercengang oleh kisahnya, orang-orang dari seluruh dunia datang untuk berbagi dengannya. Palang Merah telah dibentuk. Persetujuan-persetujuan internasional dibuat untuk perlakuan terhadap orang-orang yang luka dan para tawanan perang pada saat perang.

Lebih dari 125 tahun, Palang Merah dan Bulan Sabit Merah telah berkembang dari tujuan pertamanya menangani mereka yang terluka akibat perang sampai menangani tawananan perang, orang-orang yang hilang, bencana alam, donor darah, dan pertolongan pertama. Badan ini sekarang merupakan pergerakan kemanusiaan yang paling besar di dunia dengan anggota di hampir 150 negara.

Baca info detail dan Lihat foto bukunya KLIK DISINI.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment