Info Sinopsis My Salwa My Palestine

Posted by Djefi Febian on Sunday, October 7, 2018

Di Atas Bukit Tuhan Kisah Tentang Kesetiaan Pada Tuhan, Tanah Air, dan Manusia Ibrahim Fawal menuturkan kisah memilukan terusirnya sebuah bangsa dari tanah air yang telah ribuan tahun mereka diami. Fawal seakan-akan melantunkan nyanyian duka puluhan ribu penduduk Palestina yang dibantai, diperkosa, kehilangan rumah dan keluarga, bahkan kehilangan pandangan hidup karena situasi politik yang nyatanya masih berlangsung hingga saat ini. Bersamaan dengan itu, pecahlah kedamaian antar-umat Kristen, Islam, dan Yahudi, yang sebelumnya hidup rukun beratus-ratus tahun di Palestina. Dendam dan amarah pun tumbuh.

Kisah dalam novel ini tambah menarik karena diwarnai lika-liku cinta antara Yousif Safi, sang tokoh utama, dan Salwa, seorang gadis cantik di kotanya. Bukan sekadar kisah romantisme sebagai pemanis atau bumbu belaka. Bukan pula kisah cinta remaja yang penuh kecengengan. Yousif bahkan menempatkan Salwa dan Palestina pada tataran yang sama. Cintanya terhadap Palestina sama besarnya dengan cintanya terhadap Salwa. Bahkan ada benang merah yang menghubungkan bahwa perjalanan cintanya terhadap Palestina memiliki alur yang mirip dengan kisah cintanya terhadap Salwa.

Inilah kisah seorang anak manusia yang terjebak dalam situasi yang menguji kesetiaannya pada Tuhan, tanah air, dan kemanusiaan. Akankah ia mengkhianati semua yang dicintainya itu? Ataukah ia akan menyerah pada dendam dan amarah yang membutakan hati?

*****

IBRAHIM FAWAL lahir di Ramallah, Palestina. Ia pindah ke Amerika Serikat untuk menyelesaikan pendidikannya, menerima gelar master dalam film dari UCLA. Ia berkerja bersama sutradara terkenal David Lean sebagai "orang Yordania" pertama yang menjadi asisten sutradara dalam film klasik Lawrence of Arabia. Fawal tinggal di Birmingham, Alabama, tempat ia mengajar film dan sastra di Birmingham-Southern College dan University of Alabama di Birmingham. Baru-baru ini ia meraih gelar Ph.D dari Oxford University, yang memusatkan perhatiannya pada penelitian mengenai kultur Arab melalui film karya Youssef Chahine, sutradara terkemuka di dunia Arab. Disertasinya, Youssef Chahine, telah diterbitkan oleh British Film Institute. On the Hills of Gods adalah novel pertama Fawal. Novel ini meraih PEN-Oakland Award untuk kategori Excellence in Literature dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan Jerman. Keunggulan buku ini: 1. Novel peraih PEN-Oakland Award untuk kategori Excellence in Literature. 2. Menuturkan pergolakan dalam masyarakat Palestina yang multi-religi menjelang berdirinya negara Zionis Israel.

Lihat cover buku, klik disini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment